Thursday, 27 October 2011

Econophysics

Sejak kapan ya jadi tertarik hal-hal yang berbau ekonomi?
Sebenarnya sih, ketika SMA kelas X, suka banget sama pelajaran ekonomi akuntansi, suka bikin tabel -tabel, debet-kredit, permintaan penawaran dsb.. SUKA. Masuk kelas XI mulai agak gak suka, ga ngerti apa yang di jelasin guru..dan karena kelas XII masuk ke jurusan IPA jadi semakin jauh lah dari dunia per-ekonomi-an ...
Kuliah di Fisika, sama sekali ga kepikiran tentang 'ekonomi'. Tapi sejak nemu artikel tentang ekonofisika, entah kapan tepatnya, di sela-sela kegiatan ngantor atau ngajar, sering nanya-nanya ke mbah google tentang ekonofisika. Semakin lama semakin tertarik, dan sempat berniat mengubah jurusan kuliah S2 nanti yang tadinya pengen Teknik Geofisika ke Ekonofisika..

Ekonomi dan Fisika, dua disiplin ilmu yang sangat jauh berbeda. Bagaikan siang dan malam, matahari dan bulan, atau apa pun sebutannya untuk menggambarkan dua macam hal yang begitu berbeda sehingga terlihat sangat tidak mungkin untuk dipertemukan.
Tapi apa benar keduanya tidak dapat dihubungkan sama sekali? Kapan siang bisa bertemu dengan malam? Kapan matahari bertemu dengan bulan? Ternyata, saat terjadi gerhana, siang pun menjadi segelap malam. Matahari pun berada di satu garis yang paralel dengan bulan. Keduanya sudah terlihat menyatu. Lalu apa yang bisa menghubungkan ekonomi dan fisika? Jawabannya adalah Econophysics.

Menurut yang saya baca di web nya pak Yohanes Surya, dalam beberapa tahun terakhir sejumlah fisikawan mencoba mengaplikasikan konsep-konsep fisika dalam menyelesaikan berbagai persoalan di dunia ekonomi. Para ahli ekonofisika ini memusatkan perhatian mereka dalam usaha memahami fenomena statistik yang ditemui dalam fluktuasi harga di dunia ekonomi.

Wednesday, 26 October 2011

Gadog... Pangauban... Cisurupan...

Hmm.. sambil nunggu RakkaNi jemput, posting dulu ah..
Lagi kangeeeeeennnn banget sama rumah,, pgn pulang...

Kalo di liat dari jalan
Yang paling depan ini, mushola
Garut itu dikelilingi oleh 5 gunung, ini 3 diantaranya terlihat jelas dari halaman.

Batik First Born

Gimana caranya semua postingan di my weebly bisa dipindahin ke sini?
Copy paste semuanya? trus gambar2nya di upload ulang?  Ok lah kalau begitu...

Sebenernya yang ini batik angkatan First Born. Kebetulan aja pas mau ke nikahan salah seorang rekan kerja, ga punya baju sama-an. Haha.
With RakkaNi, belum di edit bener

Sunday, 16 October 2011

New Blade

Setelah melihat supra-x-helm in secara langsung, ternyata wow GEDE bgt.. lebar, dan berat. Kata RakkaNi nih, ga cocok kalo saya pake itu.. Akhirnya jatuh ke opsi 2, New Blade tapi ga Repsol..

Ini nih spesifikasinya...

Metris, Perhitungan metode horizontal...

Hai hai hai... Ada yang belum tau metode metris kah?
Metris ini, metode perhitungan matematika yang ditemukan oleh Bpk Stephanus Ivan Goenawan,  dosen fisika di Universitas Katolik Atma Jaya, dan mulai dikenal pada tahun 2008..
Konsep metris berawal dari pemikiran bahwa suatu bilangan dapat dipecah-pecah menjadi elemen-elemen satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya...
Kalau saya lihat, mmmm, mirip sama kalo kita ngitung pake sempoa, tapi di metode metris ini kita harus terlebih dahulu mengenal notasi pagar. 

 untuk 
Penjabarannya dapat dilihat di bawah:





dan seterusnya.
Biar lebih paham, contohnya gini..

Wednesday, 12 October 2011

Supra-X-125-helm in

Ceritanya lagi pengen motor nih... jadi tanya-tanya mbah google tentang motor baru non matic yang rem-nya cakram depan-belakang. Setelah baca-baca, kayaknya yang ini nih yang menarik hati. Dapet spesifikasinya dari sini.

Spesifikasi Supra X “helm in”


Tuesday, 11 October 2011

Gelombang Cahaya - Kupu kupu Morfo

Ada yang tau kupu-kupu morfo? Kupu-kupu ini kadang di interpretasikan secara beragam, dari mulai dewa cinta sampai personifikasi jiwa seseorang . Keindahan warna-warni sayap kupu-kupu cantik ini telah menutupi struktur dan fungsinya yang rumit sebagai alat menghadapi pemangsa. Nah, keindahan warna warni kupu-kupu morfo ini, ternyata sangat erat kaitannya dengan materi fisika kelas XII yang saat-saat ini sedang di bahas, ya, Gelombang Cahaya. Warna struktural pada kupu-kupu ini didominasi oleh efek-efek optis seperti interferensi, refraksi dan difraksi pada pigmen. Warna itu muncul sebagai hasil susunan struktur fisik yang berinteraksi dengan cahaya dan menghasilkan warna tertentu. warna yang dipantulkan bergantung pada sudut pengamatan.

Hal seperti ini juga terjadi pada warna-warni bulu berbagai burung seperti blue jay dan pheasant. Variasi jarak antara pola-pola warna ini juga menyebabkan efek warna warni pada bulu merak, gelembung sabun, lapisan tipis minyak, dan intan. 

Monday, 10 October 2011

Miss Him So Much..

RakkaNi..
Pangeran bijak nan rupawan...
Yang sedikit berkata-kata tapi bagiku semuanya bermakna
Yang tak pernah marah tapi mengajariku agar tak pernah menyerah
Yang tak banyak meminta tapi setiap saat selalu ada
Yang tak pernah pergi walau dikecewakan tak hanya sekali
Yang tak pernah menyakiti hati apalagi melukai
Yang tak pernah mengeluh walau tubuhnya bermandikan peluh
Yang selalu sabar meski yang disabari tak tau diri
Yang selalu ada saat yang lain entah kemana
Yang selalu menyemangati ketika bete mendera hati
Yang selalu memberikan saran saat otak tak berperan
Yang tak suka memberi bunga tapi memperlakukanku seperti permaisuri raja..
Yang selalu ...........................................
......................................
......................................
Yang tak pernah berkata cinta tapi menunjukkan betapa dia mencinta..




Terimakasih RakkaNi..
**tiba-tiba aku merasa tak layak...

Kosan.. Dahulu hingga Sekarang...

Saya pertama kali  nge-kost jaman masih kelas 2 SMA. Karena dulu SMA ada di jalan diponegoro Bandung, so kosan pun masih sekitar situ lah, tepatnya jalan melania. Tempatnya enak, ada kamar, kamar mandi, dan dapur. Tempatnya luas, enak banget buat ngumpul-ngumpul liliwetan ato ngarujak. Alhamdulillah ibu kost-nya juga ga rese. Sampe lulus SMA nge-kost disini.

Wednesday, 5 October 2011

10 Mitos dan Fakta Diet


Pas lagi nyari-nyari artikel tentang diet, nemu ini nih di sini.
Apakah makanan bebas lemak berarti bebas kalori? Apakah semua lemak harus dihindari? Apakah


tidak makan malam bisa menurunkan berat badan? Cari tahu jawabannya disini.

Tuesday, 4 October 2011

Soal Vektor...

Banyak banget yang minta upload soal vektor,, tapi belum sempet bikin soal lagi.. Akhirnya saya pun nyari soal vektor ke mbah google.INi nih beberapa blog yang ada soal vektor-nya

vektor-bisa di donlot
fisika study center
blog belajar fisika

semoga bermanfaat :)

Sunday, 2 October 2011

Roller Coaster

Lagi-lagi... dari artikel-nya pa Yohanes Surya


Dalam wahana ini penumpang naik kendaraan yang tidak bermesin. Kendaraan ini dinaikkan ke puncak bukit pertama dengan menggunakan semacam ban berjalan (conveyor belt). Lintasan naiknya dibuat tidak terlalu curam karena kita tahu semakin curam lintasan, semakin besar daya motor penggerak ban berjalannya (biaya yang dikeluarkan lebih mahal). Puncak bukit pertama dibuat lebih tinggi dari puncak bukit selanjutnya ataupun dari tinggi loop. Tujuannya agar kendaraan mempunyai energi potensial yang cukup besar sehingga mampu melintasi seluruh lintasan dengan baik.

Saturday, 1 October 2011

Swinging Boat..

Repost ulang nih dari artikelnya Pak Yohanes Surya.. masih dengan tema liburan bersama fisika ...


Kora‐kora tidak meluncur di atas suatu lintasan besi. Kora‐kora bergerak bolak‐balik seperti sebuah bandul. Di lintasan terbawah Kora‐kora terdapat suatu ban yang mendorong Kora‐kora agar selalu dapat berayun dengan sempurna. Setiap kali kora‐kora berayun turun, seperti pada roller coaster, penumpang mengalami berbagai perasaaan : ngeri, mual, hilang semangat dsb. Perasaan atau
sensasi terbesar akan dirasakan oleh penumpang yang duduk dibarisan belakang, karena penumpang ini akan jatuh bebas dengan percepatan maksimum.










Beli Buku di Rumah Buku

Gara-gara ngeliat rumah buku lagi ngasih diskon 30 % dalam rangka ulang tahun yang ke dua, maka kemaren sore sepulang kerja saya - dengan RakkaaNi tentunya- maen kesana... Dan lemari buku saya pun bertambah dengan ...