Saturday, 13 February 2016

Ngobrol Skincare : Produk Perawatan Wajah dan Cara Pengaplikasiannya

Sekarang saya mau cerita tentang produk perawatan wajah alias skincare plus cara pakai yang tepat. Ini versi guru saya saat saya ikut beauty class berapa bulan kemarin. Saya tuliskan di sini sebagai catatan pribadi saya agar tidak lupa, ya syukur-syukur juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

1.Pembersih wajah.
Ini merupakan produk perawatan wajah yang no 1 yang harus punya. Bermake-up atau tidak pembersih wajah ini wajib dipakai setiap hari. Boleh pembersih wajah berbusa ataupun susu pembersih. Atau dua-duanya juga boleh. Khususkan pembersih wajah untuk area mata karena mata merupakan area sensitif dan memerlukan pembersih wajah yang lebih lembut. Apalagi jika kita mengenakan riasan mata yang waterproof.
Untuk membersihkan area mata, saya biasanya memakai Pixy Eye and Lip makeup remover. Cara pakainya, saya bagi dua kapas Selection andalan saya agar jadi tipis, lalu tuang Pixy remover ke kapas. Tutup mata dan empelkan ke kelopak mata sekitar 10 detik kemudian usap kapas ke arah bawah.  Usapkan pula di bawah mata dan tarik kea rah dalam (menuju hidung). Jika masih ada sisa mascara di bulu mata, jepit bulu mata dengan kapas yang telah diberi remover, diamkan beberapa saat, jangan di usrek-usrek karena bisa membuat bulu mata rontok. Ulangi tahapannya jika perlu. Jika sebelumnya kita tidak mengenakan riasan mata, tahap ini bisa dilewati.
sumber

Selanjutnya pakai susu pembersih, saya pakai Viva Milk Cleanser Green Tea. Keluarkan secukupnya ke punggung tangan (ke telapak tangan atau jari juga boleh, suka-suka aja). Bagi rata pada kening, pipi kanan kiri, hidung dan dagu, ratakan. Pijat ringan dengan gerakan memutar dari tengah ke sisi luar dan dari bawah ke atas. Usap dengan washlap basah atau langsung bilas dengan air. Jika sedang di luar rumah, usap dengan tisu. Tapi saya masih suka usap dengan kapas sih, lebih enak aja rasanya.
Sumber
Selanjutnya pembersih wajah berbusa/ facial foam. Saya masih pakai Hadalabo Gokujyun Facial Wash. Masih dalam tahap mencari gantinya tapi sejauh ini belum nemu yang cocok kayak hadalabo ini. Keluarkan ke tangan secukupnya, beri sedikit air. Gosok di tangan sampai berbusa dan gunakan busa untuk membersihkan wajah. Bilas sampai bersih dan keringkan.
Sumber
Pembersih wajah yang benar yaitu pembersih yang memberikan rasa bersih dan lembap. Pembersih yang memberikan efek kulit terasa kencang seperti tertarik, kesat, perih dan membuat kulit wajah kering harus ditinggalkan. Itu artinya ga cocok. Proses pembersihan wajah ini penting karena merupakan kunci agar langkah perawatan wajah selanjutnya lebih berhasil.

2. Penyegar
Penyegar atau banyak yang nyebut toner ini berfungsi untuk menyegarkan wajah, mengecilkan pori-pori , member tambahan kadar air pada pori-pori wajah juga sebagai penetral kadar air yang tidak baik. Tidak baik di sini maksudnya, mungkin saja air yang kita pakai cuci muka mengandung sedikit kuman atau lain lain. Caranya semprotkan ke wajah, hindari area sekitar mata. Tepuk-tepuk ringan dan rata di kulit untuk merangsang sel kulit sehingga penyerapan toner lebih maksimal. Toner ini bisa juga difungsikan sebagai tambahan dari proses pembersihan wajah. Jika dipakai sebagai tambahan proses pembersihan, gunakan kapas. Tuang toner ke kapas dan usapkan ke wajah agar kotoran dan sisa milk cleanser terangkat sempurna. Selalu, usap dari bagian tengah ke luar dan dari bawah ke atas.
3. Krim mata
krim mata berfungsi untuk melindungi dan menutrisi kulit sekitar mata. Tujuan jangka panjangnya agar kulit sekitar mata tampak lebih remaja. Proses penuaan dini pada wajah dimulai dari kulit sekitar mata, so, kata guru saya, krim mata ini sangat penting. Cara pakainya, ambil krim mata secukupnya dengan jari manis. Tekan ringan kulit di ujung luar mata sebagai tumpuan agar kulit sekitar mata tidak tertarik. Gunakan tangan yang satu lagi untuk mengaplikasikan krim dengan mendorong ringan ke dalam untuk bagian bawah mata dan mengusap keluar untuk kelopak mata. ini berfungsi untuk mencegah pembentukan garis-garis halus menjadi semakin panjang dan dalam. Cara lain bisa juga dengan tepuk-tepuk krim dengan ujung jari manis. untuk bagian bawah arah tepukan melawan garis-garis halus alias menepuk ke arah dalam. Selalu gunakan jari manis karena jari ini tekanannya paling lemah.
Sampai saat ini saya belum pernah pakai krim mata. Tapi banyak review yang menyatakan bahwa krim mata yang cukup bagus dengan harga terjangkau adalah krim matanya Viva.
Sumber
4. Serum
Pemakaian serum harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Misal untuk yang kulit kusam boleh pakai serum yang mengandung brightening agent agar lebih cerah, yang kulit menghitam karena terbakar matahari pakai serum whitening, yang merasa mulai muncul tanda penuaan dini boleh pake anti aging. Bukan berarti yang kulitnya biasa aja ga boleh pake whitening, bebas aja suka suka, asalkan disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Untuk yang kulit sensitif sebaiknya tidal menggunakan serum karena bisa menyebabkan kering Dan iritasi. 
Serum yang pernah saya pakai adalah Wardah White Secret Intense brightening Essence. Cara aplikasinya ambil serum sedikiiit aja, bagi rata ke wajah dan pijat ringan dengan jari. 
5. Pelembap
Pelembap atau moisturizer berfungsi untuk melembapkan wajah. Semua kulit baik itu kering, normal ataupun berminyak membutuhkan pelembap. Pilih yang kadar airnya cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Kulit yang tidak dilembapkan dengan bail merupakan awal dari masalah kulit lainnya. 
Pelembap yang saya pakai saat ini Mustika Ratu Sekar Tanjung. Cara pakainya ambil secukupnya, bagi rata ke seluruh wajah. Tepuk-tepuk ringan agar pelembap meresap dan kulit terlembapkan.
Sumber

6. Tabir surya
Sinar ultra violet dapat menyebabkan penuaan kulit, kulit kering, dan terbentuknya pigmentasi yang menjadi flek hitam. Selama ini saya pakai parasol sunscreen ungu. Pakainya keluarkan sebesar biji jagung lah, ratakan ke seluruh wajah kecuali area mata. 
7. Krim malam
Krim malam sebenarnya pelembap juga, tapi dengan tambahan berbagai macam komposisi dengan fungsi berbeda-beda. Ada yang untuk mencerahkan, memutihkan, mengencangkan, dll. Krim INI khusus dipakai di malam hari. Iya lah namanya juga krim malam. He he. Ketika tidur, proses regenerasi sel berlangsung..
Krim malam yang saat ini saya pakai adalah Mustika Ratu Sekar Menur. Cara pakainya sama Persia dengan pakai pelembap.
Sumber
Ok, jadi itulah produk perawatan wajah dan cara pengaplikasiannya, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.



3 comments:

  1. nice info. saya juga pecinta viva mba. oia hadalabo ga cobain series lengkapnya? krim malam mustika ratu bagus k? jenis kulit mba apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu saya udah ganti-ganti milk cleanser tapi pasti balik ke viva lagi.
      Hadalabo pernah pake series shirojyun sm gokujyun. Yang paling enak di saya gokujyun, harga juga masih ok, tapi sayangnya belum ada sertifikat halal. He he
      Mustika ratu sekar menur saya teracuni female daily, di saya OK banget ngilangin bekas jerawat dalam waktu singkat. Flek jg pudar. Kulit saya kombinasi, berminyak di T zone laimnya normal.
      Btw,salam kenal ya :)

      Delete
  2. Enter your comment...ada efek samping yaa gak Ka kalo pakai sekar Menur krim maalam, saya blm prnh pakai baru mau mencoba saja.

    ReplyDelete