Pages

Tuesday 2 February 2016

Sepintas Kenangan, Selamat Jalan Pak Sony :(

" Gantungkan cita-cita mu setinggi langit, kalau pun ga nyampai, minimal dapat bintang."
Seringkali beliau mengucapkan kalimat ini, termasuk saat pertama kali beliau ngasih sambutan untuk kami siswa baru angkatan pertama SMA Alfa Centauri.


"You are what you think"
Kalimat ini selalu saya dengar setiap kali beliau memberi motivasi. Di kelas, di seminar, di mana aja.


" Ayo makan dulu. Saya sengaja beliin nasi padang buat kalian semua. Saya mau marahin kalian abis-abisan takut ada yang pingsan."
Saat itu nilai try out UAN kami anjlok. Ternyata beliau ga marah yang gimana, beliau ngasih motivasi buat kami.


" Selamat ya, mau lanjut kuliah dimana?"
Ucapan beliau saat salaman di acara perpisahan.


" Alhamdulillah saya senang Fitri mau gabung di sini. Minta gaji berapa? Bilang aja.
Ya udah saya kasih XXX ya, sama dengan pak abcde."
Saat itu ceritanya saya lagi wawancara tapi super santai.



" Banyak yang lembur? Pak beliin nasi padang buat semuanya ya."
Beliau keluar dari ruangannya dan melihat beberapa orang masih di kantor setelah magrib.


" Fit, fotonya kurang senyum. Tapi muka anak ITB emang gitu sih, kaya Fitri di foto itu."
Komentar beliau saat melihat foto saya di brosur boarding school.


" Saya belum pernah liat Fitri ngajar, ke ruangan saya sebentar."
Saya dipanggil ke ruangannya, micro teaching ceritanya sebelum saya yang tadinya staff diturunkan ngajar ke SMA. 


" Gimana ada masalah ga? Saya sengaja ingin kalian jadi walikelas. Saya tau kalian mampu."
Saya dan dua orang teman sengaja menghadap beliau, tadinya mau mengajukan keberatan karena ditunjuk jadi walikelas. 


" Anak- anak sekarang tuh emang beda banget sama angkatannya Fitri. Disuruh apa aja mau agar bisa lulus un dan snmptn"
Rapat guru di cisangkuy saat membahas masalah kesiswaan.


" Iya, saya udah denger. Sama alumni juga ya katanya? Selamat ya. Saya usahakan datang. Eh mana ini petanya? "
Saya datang ke ruangannya. Minta ijin cuti nikah sekaligus ngasihin undangan. 


" Sorry kemarin saya ga bisa ke Garut. Saya titip ke Pa Tomy, udah keterima?"
Saat papasan di halaman sekolah. Hari pertama saya masuk kerja setelah cuti menikah. 


" Ini kemana aja? Kapan mau ngajar lagi?"
Bertemu beliau di nikahan Alifa. Sama sekali ga menyangka kalo ini pertemuan terakhir kami. 


Masiih banyak lagi kenangan, ucapan-ucapan beliau, nasihat, dan motivasi yang saya ingat. Alhamdulillah saya dikasih kesempatan mengenal beliau secara langsung, melihat betapa baik dan bijaksana beliau, menyaksikan betapa semangatnya beliau, betapa ikhlasnya. Saya merasakan langsung kebaikannya, kemurahhatiannya. Tak akan terbalas jasa-jasa beliau, betapa banyak hutang budi saya sama beliau.
Innalilahi wainnailaihi raajiun.
Ya Allah, terimalah iman islamnya, ampuni segala dosanya. Lapangkan kuburnya. Terangkan kuburnya. Jauhkan dari siksa kubur. Tempatkan beliau di tempat terbaik di sisiMu.
Selamat jalan, Pak Sony  T_T

No comments:

Post a Comment