Pages

Wednesday 6 April 2016

DIY : Dompet Flanel

Assalamualaikum WrWb.
Langsung aja lah ya. Kali ini saya mau cerita tentang membuat sendiri dompet flanel. Ceritanya saya lagi pengen dompet yang bisa sekaligus nyimpen hp, tapi lagi ga ada budget buat beli yang baru. Saya juga pengen yang modelnya bukan hpo yang bersleting gitu. Nah, kebetulan saya punya beberapa kain flanel sisa dulu bikin cover binder. Saya bikin aja deh sekaligus latihan. Saya bikinnya jahit tangan saja, males ngeluarin mesin jahit.
Dompetnya simpel aja yang penting bisa masuk uang, kartu dan hp. Saya pilih pakai warna ungu dan pink. Rencananya saya pengen dompet dengan ukuran 10cm x 17cm agar handphone lenovo saya bisa masuk. Pengennya ada 1 bagian untuk uang ribuan, 1 bagian untuk uang besar limapuluh atau seratusribuan, 1 bagian untuk tempat menyimpan hp dan 4 tempat kartu.
Kain flanel, benang wol, velcro dan meteran
Bahan dan alat :
  1. Kain flanel 
  2. Benang wol
  3. Velcro
  4. Jarum jahit
  5. Gunting
  6. Penggaris atau meteran
Kain flanel yang sudah dipotong-potong
Pertama, saya gunting kain flanel dengan ukuran dan jumlah sebagai berikut
  1. 22cm x 17cm sebanyak 2 lembar untuk cover luar dan lapisan pertama
  2. 10cm x 17cm sebanyak 2 lembar untuk tempat hp dan lapisan kedua sekaligus tempat nempel kartu
  3. 10cm x 7 cm sebanyak 4 lembar untuk tempat kartu-kartu
  4. 8cm x 2,5cm sebanyak 1 lembar untuk lidah penutup yang akan dipasangi velcro.
  5. 10cm x 1cm sebanyak 1 lembar untuk penutup kartu-kartu. Saya akhirnya ga jadi pakai ini karena kainnya hilang saat proses berlangsung.
Selanjutnya jahit sisi paling atas saja setiap lembar. Saya coba menjahit dengan tusuk feston. Maafkan belum rapi, saya akan terus belajar agar semakin rapi dalam membuat dompet flanel.
Tusuk feston
Khusus untuk tempat menyimpan hp, saya jahit ketiga sisinya, saya sisakan satu untuk dijahit nanti saat disatukan. Hasilnya
Potongan kain flanel yang sudah dijahit bagian atasnya
Susun kembali kemudian jahit seluruh sisi luar sekaligus menyatukan semua bagian. Kalau masih ada benang-benang tersisa di ujung-ujung sedikit gapapa, nanti dirapikan.
Susun, siap disatukan
Sebelum disatukan, jangan lupa pasang velcro di kain flanel ukuran 8cm x 2,5cm dan di bagian luar cover. Maapkan saya terlewat ambil foto di tahapan ini.
Hasil akhirnya
Bagian dalam
Saya coba masukkan uang, kartu-kartu dan hp.
Bagian dalam, dimasukkan uang, kartu dan hp
Ketika ditutup seperti ini 
Hasil akhir dompet flanel ketika ditutup.
Belum rapi sih, tapi lumayan lah ya untuk pemula seperti saya. Saya menyelasaikan dompet flanel ini dalam waktu hampir 5 jam. Termasuk masak dulu telor ceplok, nyuapin Bos Cilik dulu, ngelonin sambil bacaain buku dan nerima tamu sebentar.
Kalau non-stop sebenarnya 2 jam bisa selesai.
Oke sekian cerita saya tentang membuat sendiri dompet flanel. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment