Monday, 11 April 2016

DIY : Memperbaiki Sepatu Yang Mengelupas

Assalamualaikum WrWb.
Punya sepatu yang solnya masih bagus tapi permukaannya pada ngelupas? Pasti jadi jelek ya? Jangan dibuang dulu, mending coba aja diperbaiki biar jadi layak pakai lagi.
Saya juga punya tuh sepatu yang ngelupas-ngelupas padahal solnya masih bagus. Saya suka banget sepatu ini dan saya pakai hampir setiap hari. Kemarin-kemarin kan musim hujan ya. Saya sering naik motor kehujanan dan sepatu saya basah. Saya beberapa kali lupa jemur sampai kering jadi sepatunya lembap dan ada bintik-bintik hitam. Lama kelamaan ngelupas deh. Mau dibuang koq sayang ya, saya nyaman banget pakai sepatu ini. Akhirnya saya perbaiki sepatu yang mengelupas sebisanya, seadanya. Yang penting bisa dipakai lagi.
Sepatu favorit yang permukaannya mengelupas
Sepatu ini Merk Colette, beli di Toserba Griya harganya sekitar 200ribuan. Murah meriah nyaman tapi ya gitu deh ngelupas-ngelupas.
Parah kan ngelupasnya :(
Nah saya mau coba bikin sepatu ini bisa layak pakai lagi dengan menggunakan bahan yang ada di rumah dan cara yang gampang. Saya cuma mau nutupin bagian yang ngelupasnya pakai kain flanel. Kalau ada kanvas mungkin akan lebih bagus.
Alat dan Bahan
  1. Sepatu yang akan diperbaiki
  2. Kain flanel ukuran 20cm x 20cm sebanyak 2 lembar
  3. Lem fox
  4. Lem tembak dan pistolnya
  5. Kuas kecil
  6. Gunting
  7. Cutter
Bahan dan alat
Saya mulai dengan mengukur bagian yang akan ditutupi. Ngukurnya ngasal aja sih soalnya saya lagi males ribet dan pengen cepet. Hehe
Ukur bagian yang akan ditutupi. Saya dikira-kira aja :)
Setelah diukur-ukur, gunting deh flanelnya. Gunting juga bagian yang lainnya dan simpen dulu. Jadi seperti ini
Kain flanel yang sudah dipotong.
Beri lem fox di sepatu pada bagian yang akan ditutupi dengan menggunakan kuas kecil. Saya pakai kuas makeup yang udah jelek. Oh ya, pastikan permukaan yang diberi lem sudah bersih ya.
Beri lem, ratakan.
Setelah lem rata. Tunggu sebentar agar lem agak kering kemudian tempelkan potongan kain flanel tadi. Jadi seperti ini.
Tempel.
Ga rapi ya? Gapapa, nanti kelebihan kainnya akan digunting.
Setelah ditempel. Tunggu kering baru gunting lagi untuk merapikan
Diamkan sampai kain flanel benar-benar nempel. Kalau sudah gunting kain yang lebih agar lebih rapi. Bagian yang paling pinggir agak susah pakai gunting karena ujung gunting saya kurang tajam. Jadi saya gunakan pisau cutter.
Gunting dan rapikan
Hampir selesai
Hampir selesai. Ada kain flanel yang pinggir-pinggir yang kurang nempel dengan baik. Saya tempelkan lagi dengan lem tembak agar lebih kuat. Maafkan saya lupa ambil foto step ini. Rapikan lagi sisi-sisinya dan selesai deh. 
Selesai deh :)
Saya ganti tali sepatunya dengan warna coklat tua. Tali sepatu yang sebelumnya jadi ga matching soalnya. Yang ini kepanjangan sih talinya, mungkin nanti akan saya ganti kalau nemu yang lebih pendek.
Alhamdulillah, selesai deh cerita saya memperbaiki sepatu yang mengelupas agar jadi layak pakai lagi. Cara ini bisa dipakai juga di tas yang mengelupas. Bahannya bisa diganti dengan bahan apa aja asal bisa menempel dengan baik. Saya pakai kain flanel karena kebetulan yang ada di rumah ya itu. Termasuk yang saya pakai buat bikin dompet flanel kemarin juga. Semoga bermanfaat


Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment