Pages

Wednesday 21 March 2018

Another "Be - Do - Have"

Assalamualaikum.
Seharian kemarin saya di Cicalengka, rumah Teteh. Saya minta diajarin pola baju model baru yang saya belum bisa, sambil ngobrol-ngobrol banyak hal. Kemudian saya jadi kepikiran NHW#8 kemarin. Saya tidak memilih menjahit sebagai aktivitas pilihan saya di NHW kemarin karena ya memang kemampuan menjahit saya masih sangat pemula, saya juga masih ada bagian uring-uringannya dalam menjahit, belum 100% enjoy seperti mengajar. Tapi saya berpikir lagi justru dengan menjahit sepertinya waktu saya untuk belajar dan bekerja sesuai misi hidup dapat lebih mudah pelaksanaannya. Harapan, cita-cita, dan target saya juga lebih "real" di menjahit. Waktu saya juga lebih fleksibel dibanding dengan mengajar, dan ketika menjahit saya tidak perlu mengkondisikan Kakang Sina agar main tenang dan tidak berisik seperti saat mengajar. 
Saya pun mencoba mengulang NHW#8 dengan memilih aktivitas yang berbeda dan menyesuaikan dengan pemahaman "Be - Do - Have" yang saya pahami sebelumnya. 

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
Menjahit

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan "BE DO HAVE" di bawah ini :
1. Anda ingin menjadi apa? (BE)
Penjahit sekaligus designer 
2. Apa yang ingin anda lakukan? (DO)
- Belajar terus agar semakin menguasai banyak model pakaian.
- Rajin melihat berbagai referensi agar selalu update model terbaru.
- Tetap menerima orderan, sekaligus memastikan customer puas dengan hasilnya.
3. Apa yang ingin saya miliki (HAVE)
-  Workshop Jahit
-  Butik

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
- Mempunyai Butik online dan offline sebagai sumber penghasilan utama saya dan Workshop sebagai salah satu jalan membuka lapangan pekerjaan.
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
- Sudah mempunyai peralatan/mesin lengkap : mesin neci, bordir, alat membuat kancing bungkus.
- Sudah mempunyai karyawan
- Sudah memiliki tempat khusus menjahit, tidak di rumah.
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
- Melengkapi peralatan menjahit seperti benang, ritz, karet, dll agar tak terlalu sering bolak-balik belanja alat jahit.
- Mempunyai patung sebagai display.
- Mencetak label sendiri

Saya juga memutuskan untuk selalu mendokumentasikan hasil karya saya dan menyimpannya dengan baik entah itu di folder di laptop saya atau sekalian saya jadikan tulisan di blog ini dan masuk ke label "Creative Creation".

Bismillah...

No comments:

Post a Comment