Pages

Saturday 10 March 2018

TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF
NHW #7 Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Assalamualaikum.
Nice HomeWork kali ini cukup simpel dibandingkan Nice Homework pekan-pekan sebelumnya. Kami diajak mengisi assesment di www.temubakat.com dan menganalisa hasilnya. Saya pernah mengisi tes ini sebelumnya, kalau ga salah sekitar awal tahun 2016. Saat itu dikenalkan oleh salah satu praktisi Talents Mapping di grup HEbPA. Saya masih menyimpan hasilnya. Tapi saya tetap mengerjakan lagi dan mengisinya dengan sungguh-sungguh di waktu yang tenang agar saya bisa memdapatkan hasil yang sebenar-benarnya.
Yang saya tampilkan di sini adalah hasil yang terbaru. Alhamdulillah 3 dari 5 poin kekuatan saya masih sama dengan hasil test sebelumnya, pun poin kelemahan. 
Berikut hasil Strength Typology (ST30) saya 
Saya coba konfirmasi ulang dengan apa yang saya rasakan saat ini.
Potensi Kekuatan Saya
1. ANALYST
Uraian : Suka dengan aktivitas hitung menghitung, angka dan data. Kurang yakin dengan sesuatu yang intuitif
Konfirmasi :Iyaaaa, sejak SD saya sudah sadar kalau saya suka sekali dengan angka dan segala aktivitas hitung-menghitung. Buku “Bermain dengan Angka”  merupakan salahsatu buku favorit saya sejak kelas 4 SD sampai hari ini. 
2. DESIGNER
Uraian : Membuat gambar dari sesuatu yang direncanakan untuk dibuat, memiliki sifat analitis juga banyak idea.
Konfirmasi : Iya. Saya senang mendesain model pakaian atau tas, meski sebagian besar hanya memodifikasi dari desain yang pernah ada. Saya juga senang mendesain ruangan di dalam rumah, menata ruang menjadi aktivitas saya merelease ke-bete-an seperti yang saya ceritakan di NHW 3#. Ngotak-ngatik tampilan blog juga merupakan salah satu kegiatan yang saya sukai dan membuat waktu tak terasa berlalu. Alhamdulillah sempat belajar HTML dan terasa sekali manfaatnya meski harus sambil bolak-balik lihat tutorial.
3. EDUCATOR
Uraian : Mengajar, menyampaikan, melatih ilmu dan atau keterampilan agar bisa dipahami oleh orang lain. Selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang.
Konfirmasi : Iyaa mengajar adalah salah satu peran yang sedang saya jalankan sekarang dan menjadi salahsatu aktivitas yang selalu membuat saya senang seperti yang saya ceritakan di NHW #3.
4. EVALUATOR
Uraian :Menimbang atau mempelajari dalam rangka memutuskan sesuatu terkait nilai, mutu, kepentingan atau kondisi. Selain analitis juga teliti, suka mengumpulkan informasi.
Konfirmasi : Mmmm sepertinya iyaaa, saya tipe  yang biasa mempelajari dulu lebih mendalam sebelum memutuskan sesuatu. Sampai kadang dibilang saya mah kelamaan mikir tapi ga action-action
5. JOURNALIST
Uraian : Menulis artikel, ide, dokumen, cerita ataupun alat bantu pendidikan. Senang mengkomunikasi idenya, suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur.
Konfirmasi :  Saya senang menulis dan masih berusaha untuk rutin menulis meski tulisan saya masih ecek-ecek. Tapi Alhamdulillah saya pernah ditugaskan menyusun buku panduan  belajar fisika kelas x di suatu bimbel yang sebagian fee nya sampai sekarang masih belum saya terima, hehe curcol. Laporan tugas akhir saya juga Alhamdulillah bisa diterbitkan di WSEAS ( World Scientific and Engineering Academy and Society). ceritanya ada di sini. Setidaknya ada tulisan saya yang dibaca banyak orang dan bisa bermanfaat.

Jika saya perhatikan, potensi kekuatan saya beririsan satu sama lain dan nyaris 100% menggambarkan apa yang saya rasakan atau saya jalani saat ini. Kemudian saya baru ngeuh, aktivitas yang saya jalani sekarang yaitu menjahit, mengajar, dan nge-blog memang merupakan  kombinasi dari bakat peran di atas.

Potensi Kelemahan Saya
Potensi kelemahan pun sangat menggambarkan diri saya yang memang kurang bisa mengatur dan mengawasi orang lain, mengatasi dan menyelesaikan konflik antara dua orang yang berselisih, menjaga keamanan da keselamatan orang lain, juga menjual produk atau layanan agar orang lain tertarik membelinya. Mungkin kelemhan saya di bakat peran distributor dan seller ini yang membuat usaha online shop saya tidak berjalan dengan baik dan akhirnya saya menyerah. 

Strength Cluster
Saya sempat merasa aneh mengapa strength cluster saya merata di lima aspek yaitu networking, reasoning, thinking, elementary dan generating idea. Tidak ada salah satu aspek yang paling menonjol. Saya khawatir saya termasuk orang yang "tengah-tengah" saja. Saya coba mencari tahu lagi tentang hal ini dan saya merasa lega. Ternyata tak ada masalah. Kita tidak harus dominan di strength cluster tertentu, merata di beberapa strength cluster tidak apa-apa karena ya memang begitulah apa adanya kita. Kalau kata ABah Rama: "The Very Limited Edition". Setiap kita itu unik, tak ada yang sama. Jadi yaa oke lah kalau begitu. Tinggal saya maksimalkan potensi peran bakat yang saya miliki agar bisa menebar manfaat sebanyak mungkin.

KUADRAN AKTIVITAS
Sebenarnya saya agak-agak bingung jenis aktivitas apa yang harus saya masukkan dalam empat kuadran ini. Jadilah saya berpatokan pada aktivitas yang memang harus saya lakukan dalam menjalani peran saya sebagai individu, istri dan ibu yang saya jalani sehari-hari dengan beberapa tambahan.
Ada beberapa aktivitas di kuadran empat tapi mau-tidak mau harus saya jalani dan terus saya pelajari yaitu memasak, karena ini terkait peran saya sebagai istri dan ibu. Meski tidak akan excellent, setidaknya harus bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Yaa walaupun mungkin saat ini masih jadi aktivitas yang sering didelegasikan, alias beli makanan jadi saja, hehe. 
Alhamdulillah, semoga dengan mengkonfirmasi potensi kekuatan dan kelemahan, saya bisa lebih maksimal menjalani proses menemukan diri, menemukan "MISI PENCIPTAAN" saya di muka bumi dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat mata saya "berbinar-binar" seperti arti bunda produktif yang saya pelajari di IIP ini.
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment